Selasa, 14 Juli 2020

Cara Memperbanyak Tanaman Cherry Barbados

Mengenal Tanaman Acerola 

cherry barbados
Tanaman Acerola atau lebih dikenal dengan Cherry Barbados (malpighia emarginata) merupakan tanaman jenis perdu yang berbuah dan berasal dari daerah Amerika Tengah, tepatnya di daerah Yukatan, Meksiko, dan Amerika Selatan (banyak ditemukan di daerah pedalaman hutan Amazon). Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis dan sub tropis. 
Di Indonesia tanaman ini masih jarang ditemukan, karena keberadaannya belum cukup, terkenal. Padahal, tanaman ini sangat cocok di tanam di Indonesia dan mudah sekali hidup, karena Indonesia, juga berada di daerah tropis, sama seperti daerah asalnya. 
Tanaman Cherry Barbados merupakan jenis perdu, sehingga batangnya tidak terlalu besar, membuatnya sangat cocok ditanam di pekarangan rumah, bahkan di lahan sempit pun, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. Tinggi rata-rata tanaman ini sekitar 2-3 meter, dengan bentuk daun oval panjang sekitar 8 cm dan lebar sekitar 4 cm. 
Buah yang dihasilkan dari tanaman Cherry Barbados ini, sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Itulah sebabnya sangatlah baik menjadikan tanaman satu ini menjadi salah satu koleksi tanaman dalam kebun depan rumah, karena selain bunganya yang indah, saat berbuah, buahnya bisa di konsumsi dan berguna untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat Tanaman Cerry Barbados 

Tanaman Cerry Barbados, setelah ditaman sekitar tiga tahun (jika ditanam dari biji) atau bisa lebih singkat jika dari hasil stek, maka akan berbunga dan berbuah. Buah dari tanaman inilah yang sangat kaya manfaat bagi kehidupan manusia. 
Selama ini orang menduga jika ingin mengkonsumsi buah dengan kandungan kadar Vitamin C yang tinggi, pasti merujuk kepada buah Jeruk. Tidak salah, memang buah jeruk memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Namun, ternyata berdasarkan penelitian para ahli kandungan Vitamin C dalam buah Cherry Barbados jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah Jeruk. 
Sebagai bahan perbandingan, agar mendapat gambaran seberapa besar kandungan Vitamin C yang ada dalam buah Cherry Barbados, jika buah jeruk mengandung Vitamin C sekitar 500 – 4000 ppm, maka masih kalah jauh dengan kandungan Vitamin C Cherry Barbados yang mengandung 16000 – 17000 ppm. Dari data tersebut dapatlah diperoleh sebuah kesimpulan bahwa buah Cherry Barbados mengandung Vitamin C sampai 4 kali lipat bahkan lebih jika dibandingkan dengan buah Jeruk. 
Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat dalam buah Cherry Barbados yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia: 
Sangat kaya akan kandungan Vitamin, mulai dari Vitamin A, B, terutama kandungan Vitamin C yang sangat berlimpah mencapai 1677,6 mg atau 16000 – 17000 ppm. 
Kaya akan mineral yang diperlukan oleh tubuh manusia, seperti Kalsium, Magnesium, Phospor, Sodium, Zinc, Zat Besi, dll. 
Kandungan vitamin dan mineral yang sangat berlimpah dari buah Cherry barbados, membuat tanaman ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. 

Sebagai Sumber Antioksidan 

tanaman cherry barbados
Kandungan Vitamin C yang sangat tinggi dalam buah Cherry barbados, membuatnya menjadi agen yang efektif dalam menangkal radikal bebas. Dalam dunia yang semakin banyak polusi ini, sangatlah penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan Vitamin C, terlebih yang alami, organik, dan bebas dari bahan kimia. Buah Cherry Barbados, sangatlah tepat dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian setiap orang. 

Menjaga Kesehatan Kulit 

Kandungan senyawa kolagen dan Vitamin C yang sangat tinggi dalam buah Cherry Barbados, tidak hanya sangat efektif sebagai agen penangkal radikal bebas yang ada, tetapi juga sangat berguna bagi kesehatan kulit orang yang mengkonsumsi buah imut yang satu ini. 
Kolagen dan Vitamin C yang ada mampu mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga kulit senantiasa kencang dan tampak selalu awet muda, kulit berwarna lebih cerah, lembab, segar, elastik, dan tidak mudah berkeriput. 

Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Kandungan Vitamin yang sangat kaya serta cukup lengkapnya mineral yang terdapat dalam buah Cherry Barbados, membuat stamina tubuh orang yang mengkonsumsinya dapat senantiasa terjaga. 
Kandungan Vitamin yang sangat kaya, terutama kandungan Vitamin C yang terdapat dalam buah Cherry Barbados, membuat metabolisme tubuh orang yang mengkonsumsinya lancar, sehingga seluruh organ dalam tubuh dapat bekerja secara optimal. Dengan demikian kesehatan setiap organ dalam tubuh dapat senantiasa terjaga. Terlebih bagi orang yang mengalami gangguan pencernaan, dapat teratasi dengan mengkonsumsi buah yang satu ini. 

Cara Memperbanyak Taman Cerry Barbados 

manfaat cherry barbados
Mengingat begitu kayanya kandungan Vitamin dan Mineral dalam buah Cherry Barbados, tidak ada salahnya untuk menjadikannya salah satu koleksi tanaman di rumah. Cara cepat untuk mendapatkan tanaman ini, ya membelinya di toko pertanian yang ada, karena memang jenis tanaman ini mulai dikembangkan di Indonesia. 
Namun bagi mereka yang kreatif dan ingin tahu cara memperbanyak tanaman ini, sehingga mendapatkan wawasan yang lebih, dapat mempelajari cara produksi dan reproduksi dari jenis tanaman ini. 
Tidaklah sukar untuk memperbanyak tanaman ini, setidaknya ada tiga cara untuk mendapatkan dan memperbanyak tanaman ini. 

Melalui Biji 

Jika tertarik dengan menggunakan cara ini, tinggal beli biji Cherry Barbados baik di toko pertanian maupun beli secara online. Namun jika menanam mulai dari biji, maka perlu kesabaran yang cukup sampai tanaman tersebut mencapai fase dewasa dan siap berbuah. Tanaman ini setidaknya dari biji sampai dewasa siap berbuah membutuhkan waktu paling tidak 3 tahun, semenjak tumbuh tunas. 

Melalui Proses Cangkok 

Bagi mereka yang kurang sabar menunggu waktu minimal 3 tahun, maka dapat menggunakan cara ini, yaitu melalui cangkok batang. Untuk cara ini, perlu teliti dalam memilih batang tanaman Cherry Barbados yang sehat dan cukup kuat untuk dicangkok. Setelah mendapatkan batang yang diinginkan, tinggal kerat secara melingkar kulit luarnya sekitar 10 – 15 cm, dibersihkan diberi cairan perangsang akar, kemudian ditutup/dibebat dengan tanah, baru dibungkus dengan plastik, tunggu selama 3 minggu sampai 1 setengah bulan, sampai akar tumbuh banyak dan kuat, baru bagian bawah batang yang dicangkok bisa dipotong, dan kemudian ditanam di media tanam yang telah dipersiapkan. 

Melalui Stek Batang 

Cara berikutnya yang terbilang cukup mudah untuk diterapkan adalah memperbanyak tanaman Cherry Barbados melalui metode stek batang. Jika ingin menerapkan cara ini, hampir sama dengan cara yang kedua, pilih batang yang sehat, jangan terlalu besar, cukup kecil saja. Setelah menemukan batang yang diinginkan, tinggal potong secara miring beberapa batang. Setelah dipotong bagian bawah batang yang akan ditanam diberikan cairan perangsang pertumbuhan akar, kemudian tinggal ditancapkan di media yang telah dipersiapkan. 
Perlu diingat bahwa tanaman ini memang butuh air, tetapi tidak terlalu suka kelembapan yang tinggi. Tanaman ini akan tumbuh secara optimal, di media tanam yang tidak terlalu lembap dan berpasir. Jadi dengan memperhatian hal tersebut, sangatlah perlu diperhatikan dalam pencampuran media tanam bagi tanaman yang satu ini. Haruslah ada perbandingan yang pas antara campuran pasir dan tanah. 
Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang cara memperbanyak tanaman Cherry Barbados, terutama dengan cara stek batang, bisa menyimaknya di channel Youtube SAOOGA berikut ini: 

Latest
Next Post

0 komentar: