Senin, 13 Juli 2020

Cara Memperbanyak Tanaman Binahong

Seputar Tanaman Binahong 

tanaman binahong
Tanaman binahong (anredera cordifolia) merupakan salah satu tanaman ajaib yang kaya manfaat. Tanaman yang mudah tumbuh di semua wilayah baik daerah dataran rendah maupun dataran tinggi ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Itulah sebabnya, tidaklah mengherankan jika sejak zaman dahulu sudah dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dalam pengobatan tradisional dan dikenal sebagai tanaman herbal. 
Tanaman yang memiliki ciri memiliki batang yang lunak, cara pertumbuhan yang menjalar, berdaun tunggal, dan berbunga majemuk ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai heartleaf maderavine madevine. Diberi nama seperti itu karena memang, tanaman yang berasal dari Korea ini memiliki bentuk daun seperti hati. Namun, ternyata itu bukanlah satu-satunya alasan membuat tanaman yang satu ini disebut demikian. Kata heart dalam bahasa Inggris jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, selain memiliki arti hati (merujuk pada bentuk daun), juga memiliki arti jantung, salah satu bagian vital dan penting bagi kehidupan manusia sebagai makhluk hidup. Bukanlah kebetulan dan asal-asalan, tetapi diberi nama demikian, ternyata memang tanaman binahong memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan jantung agar dapat bekerja dengan baik dan optimal. 

Manfaat Tanaman Binahong 

Khasiat luar biasa dari tanaman binahong untuk kesehatan manusia, tidak terlepas dari berbagai zat dan kandungan senyawa yang terkandung dalam tanaman ini. Berikut ini beberapa kandungan yang dimiliki oleh tanaman binahong yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia: 
Kaya akan zat antioksidan, sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia, karena memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas. 
Kaya akan asam arkobat, 
Memiliki kandungan total fenol, sangatlah efektif untuk membunuh kuman akibat luka, karena senyawa ini bersifat antiseptik. 
Memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, baik untuk pertumbuhan tubuh, serta memperbaiki jaringan yang rusak akibat luka. 
Mengandung flavonoid, 
Mengandung alkaloid, 
Mengandung tanin, 
Memiliki kandungan steroid yang tinggi, 
Mengandung triterpenoid (sama dengan yang dimiliki tanaman pegagan
Mengandung saponin 
Kaya akan kandungan minyak atsiri, dll. 
Berbagai kandungan luar biasa yang dimiliki tanaman binahong inilah yang membuat tanaman binahong sangat berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan manusia. 

Sebagai Anti-Diabetes 

manfaat binahong
Pola makan masyarakat modern yang tidak teratur serta menyukai makanan serta minuman yang memiliki rasa manis yang enak di lidah, namun tidak menyadari ada bahaya yang mengancang dari rasa enak yang ditimbulkan. 
Pola makan dan mengkonsumsi makanan serta minuman manis yang banyak dan cenderung berlebihan oleh masyarakat modern membuat kandungan kadar gula dalam darah yang cukup tinggi, sebagai hasilnya jika tubuh tidak mampu mengurai gula yang berlebih tersebut, maka sebagai dampak negatifnya muncul penyakit diabetes. Penyakit yang dari waktu ke waktu terus bertambah penderitanya secara signifikan. 
Kabar baik bagi kaum penyuka makanan manis, kandungan senyawa alkanoid yang cukup berlimpah pada tanaman binahong memiliki sifat hipoglikemik yang mampu menguraikan dan menurunkan kadar gula dalam darah sampai pada kondisi normal. 
Kemampuan tanaman binahong dalam mengurai kadar gula dan menurunkan kadar gula dalam darah, membuatnya sangat baik untuk dikonsumsi dan dijadikan sebagai terapi bagi orang-orang yang terkena penyakit diabetes. 

Baik Bagi Kesehatan Jantung 

Manusia modern saat ini, tidak lepas dari makanan fastfood dan jungfood, kaya akan lemak jenuh dan berkolesterol tinggi yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Namun semuanya itu bisa diatasi dengan mengkonsumsi tanaman binahong, beserta olahannya. 
Kandungan saponin yang sangat berlimpah dalam tanaman binahong membuatnya sangat efektik dalam menurunkan dan menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan menurunnya dan hilangnya kandungan kolesterol jahat dalam tubuh, maka kesehatan jantung dapat terjaga, sehingga manusia bisa hidup lebih lama. 

Mengobati Luka dan Mempercepat Proses Penyembuhan 

Kandungan senyawa triterpenoid (sama dengan yang dimiliki tanaman pegagan) pada tanaman binahong membuat tanaman ini juga dijadikan sebagai bahan alternatif lain sama seperti pegagan untuk mempercepat proses penyembuhan pada bekas luka, baik luka sayatan maupun luka bakar. 
Bahkan kandungan senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi ini juga membuat orang yang menggunakan baik secara langsung pada luka yang ada maupun mengkonsumsinya terhidar dari peradangan, infeksi, serta demam sebagai dampak lanjutannya. 

Selain manfaat yang telah dibahas, masih banyak lagi manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari tanaman binahong. 

Cara Memperbanyak Tanaman Binahong 

memperbanyak tanaman binahong
Mengigat begitu penting dan bermanfaatnya tanaman binahong bagi kesehatan manusia, tidak ada salahnya jika menjadikan tanaman ini sebagai salah satu koleksi tanaman yang ada dalam pekarangan rumah. 
Tanaman yang memiliki sifat menjalar ini, tidaklah sulit untuk mengembangbiakan dan memperbanyaknya. Yang perlu diperhatikan sebelum menperbanyak tanaman ini haruslah diperhatikan media tanam, tempat untuk menanam serta membersiapkan batang kayu untuk dijadikan rambatan bagi tanaman ini. 

Persiapan Media Tanam 

Siapkan media tanah dicampur dengan pupuk (sedapat mungkin organik), baik kompos maupun pupuk kandang, campur sampai rata, beri air secukupnya. Pastikan media tanam cukup lembab, gembur, dan yang paling penting kaya akan zat hara organik. 

Tempat Penanaman 

Karena sifat tanaman binahong yang mudah hidup dan mudah ditaman, maka tidak jadi masalah apakah mau ditanam di pot atau pun langsung ditanam di tanah. Yang penting lokasi penempatannya jangan terkena sinar matahari yang berlebihan, apalagi di awal tanam, bisa membuat tanaman binahong layu dan mati. 

Proses Penanaman dengan Metode Stek Batang 

  1. Persiapkan indukan (tanaman binahong yang sudah lebat). 
  2. Cari batang yang segar yang kuat untuk dijadikan sebagai bahan anakan (untuk di stek). 
  3. Potong batang yang telah dipilih (5 sampai 10 cm). 
  4. Tancapkan potongan batang yang sudah ada di media tanam baru yang telah dipersiapkan. 
  5. Sirami dengan air, dan tempatkan di tempat teduh selama beberapa hari, karena tanaman yang baru ditanam memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan media baru sampai mengeluarkan akar (kurang lebih 1 sampai 2 minggu). 
  6. Jika sudah beberapa minggu, bisa disiapkan batang kayu untuk dijadikan sebagai tempat rambatan bagi tanaman binahong yang sudah mulai menjalar. 
Untuk mendapatkan gambaran secara visual tentang bagaimana cara mengembangkan dan memperbanyak tanaman binahong, silakan simak video di channel youtube SAOOGA berikut ini: 

Previous Post
Next Post

0 komentar: